12/12/09

Gitanjali (Song Offerings)


Pengarang:  Rabindranath Tagore


Gitanjali adalah kumpulan 103 buah puisi berbahasa Inggris, sebagian besar diterjemahkan oleh sastrawan berdarah Bengali, Rabindranath Tagore. Karya menjadi sangat terkenal di Barat dan telah diterjemahkan kedalam banyak bahasa.
 
Rabindranath Tagore (bahasa Bengali: Rabindranath Thakur; lahir di Jorasanko, Kolkata, India, 7 Mei 1861 – meninggal 7 Agustus 1941 pada umur 80 tahun. Tagore adalah seorang Brahmo Samaj, penyair, dramawan, filsuf, seniman, musikus dan sastrawan Bengali. Ia terlahir dalam keluarga Brahmana Bengali, yaitu Brahmana yang tinggal di wilayah Bengali, daerah di anakbenua India antara India dan Bangladesh. Tagore merupakan orang Asia pertama yang mendapat anugerah Nobel dalam bidang sastra (1913).
Beberapa karya besarnya antara lain Gitanjali (Song Offerings), Gora (Fair-Faced), dan Ghare-Baire (The Home and the World), serta karya puisi, cerita pendek dan novel dikenal dan dikagumi dunia luas. Ia juga seorang reformis kebudayaan dan polymath yang memodernisasikan seni budaya di Benggala. Dua buah lagu dari aliran Rabindrasangeet (sebuah aliran lagu yang ia ciptakan) kini menjadi lagu kebangsaan Bangladesh (Amar Shonar Bangla) dan India (Jana Maha Gana). 
Sumber:  http://id.wikipedia.org/wiki/Rabindranath_Tagore
Download E-book di sini

0 comments:

Post a Comment

Free ebook

Enter Your Comment